top of page

Gaharu, Aroma yang Terancam Punah



Kayu Gaharu, juga dikenal sebagai agarwood atau oud, adalah kayu bernilai fantastis dan beraroma harum yang memiliki nilai budaya, agama, dan komersial. Berasal dari spesies pohon Aquilaria, terutama Aquilaria malaccensis, Aquilaria crassna, dan Aquilaria sinensis, yang berasal dari berbagai wilayah di Asia, termasuk Asia Tenggara, India, dan Bangladesh.


Unik dan Nyaris Terkikis

Gaharu terkenal dengan wanginya yang khas dan kompleks. Aroma gaharu dideskripsikan sebagai kombinasi aroma kayu oriental dan aroma buah-bunga, dengan nuansa balsamic manis dan aroma vanilla, musk, dan amber. Keharumannya yang unik membuat gaharu banyak dicari untuk digunakan dalam pembuatan parfum, dupa, dan produk aromatik lainnya. Namun, bagaimana aroma ini bisa terbentuk?



Gaharu terbentuk sebagai mekanisme pertahanan pohon Aquilaria ketika terinfeksi jamur Phialophora parasitica. Pohon ini lalu menghasilkan getah (resin) untuk melawan serangan jamur, yang mengakibatkan pembentukan gaharu di bagian inti kayunya.


Manfaat Gaharu yang Terus Diburu


Source: Ali Express

Gaharu, juga dikenal sebagai oud, sangat dicari karena sifat aromatiknya. Berikut beberapa manfaat yang terkait dengan gaharu:


Pengobatan Tradisional

Gaharu digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk meredakan masalah lambung, batuk, rematik, dan demam tinggi. Ia juga dipercaya bisa meredakan nyeri, rasa ingin muntah, dan asma.


Makna Spiritual & Budaya

Gaharu mempunyai makna spiritual dan budaya yang mendalam dalam berbagai tradisi. Hal ini disebutkan dalam teks-teks kuno dan diyakini memiliki hubungan dengan keilahian. Aroma gaharu yang dibakar dianggap sakral serta dikaitkan dengan pencerahan dan kebangkitan spiritual.


Wewangian & Parfum

Minyak gaharu oud sangat dihargai karena aromanya yang unik dan eksotis. Ini digunakan dalam parfum kelas atas dan memiliki aroma yang dalam, manis, hangat, berkayu, dan bersahaja dengan nada musky. Keharuman minyak gaharu oud menawan dan tak tertandingi.


Mendukung Kesejahteraan Emosional & Psikologis

Gaharu dipercaya memiliki efek menenangkan pada pikiran dan emosi. Ini digunakan dalam pengobatan Tibet untuk mengatasi masalah emosional dan psikologis dengan mendorong keadaan meditasi. Aroma gaharu dikatakan membawa individu ke masa lalu yang dibayangkan atau menyebabkan keadaan trance.


Mendukung Kesehatan Fisik

Minyak gaharu dikenal karena sifat terapeutiknya, termasuk sebagai stimulan, anti-inflamasi, afrodisiak, dan banyak lagi. Hal ini diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti relaksasi otot, dukungan pencernaan, dan bantuan dari masalah pernapasan.


Kesabaran Jadi Modal Budidaya



Budidaya gaharu penting dilakukan karena nilainya dan kebutuhan untuk melindungi spesies Aquilaria yang terancam punah. Hal ini membantu melestarikan spesies pohon ini, menyediakan sumber daya berkelanjutan, menawarkan peluang ekonomi, dan melestarikan tradisi budaya. Walaupun begitu, budidaya gaharu memang penuh tantangan, tak hanya membutuhkan dukungan finansial, melainkan juga kesabaran dan dedikasi yang tinggi.


Lalu bagaimana cara membudidayakan gaharu?


Memilih Spesies yang Tepat

Gaharu berasal dari spesies pohon Aquilaria. Pilih spesies Aquilaria yang sesuai untuk budidaya.


Kondisi Tanah & Iklim

Gaharu tumbuh subur di daerah perbukitan dengan ketinggian di atas 750 meter. Ia dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, antara lain tanah podsolik kuning, merah, dan berpasir lempung. Kisaran suhu 20°C-33°C, dengan curah hujan tahunan 2.000-4.000 mm. Tanah harus memiliki ketebalan solum lebih dari 50 cm.


Penanaman

Perbanyakan gaharu dilakukan melalui benih atau teknik inokulasi buatan. Pilih bibit yang berkualitas tinggi untuk ditanam. Pindahkan bibit ke dalam tanah setelah mencapai ketinggian 60-90 cm. Tanam di lahan miring untuk mengurangi angka kematian.


Persiapan Lahan

Siapkan lubang tanam dengan dimensi 40x40x40 cm. Pastikan lubang ini terkena hujan, sinar matahari, dan tanah beroksigen untuk mendorong pertumbuhan akar. Jika tanahnya keras, tambahkan sabut kelapa (cocopeat) untuk menggemburkannya. Gunakan pupuk seperti Triple Super Phosphate (TSP) dan Di Ammonium Phosphate (DAP) untuk menambah kandunagn fosfor. Selain itu, dapat ditambahkan pupuk organik seperti kotoran sapi. Funadan juga dapat digunakan untuk meminimalkan serangan serangga.


Perawatan & Pemeliharaan

Sirami pohon secara teratur, hilangkan gulma, dan lindungi dari hama dan penyakit. Pemangkasan dapat membentuk pohon dan meningkatkan produksi resin.


Pemanenan

Resin gaharu terbentuk sebagai respons terhadap infeksi atau luka pada pohon. Panen kayu resin beberapa bulan setelah infeksi. Pisahkan resin dari pohonnya dan proses untuk mengekstrak minyak gaharu. Umumnya, pohon gaharu sudah bisa dipanen setelah 6-8 tahun budidaya.



REFERENSI

Ansari, M. J., & Ahmad, M. K. (2018). Agarwood (Aquilaria agallocha Roxb.) regeneration: A review. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, 7(3), 325-330. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6017114/

Plantations International. (n.d.). 19 Benefits and Uses for Agarwood Oud Oil. Retrieved from https://www.plantationsinternational.com/19-benefits-uses-agarwood-oud-oil/

Shoprythm. (n.d.). Benefits of Agarwood Essential Oil. Retrieved from https://www.shoprythm.com/blogs/essential-oils/benefits-of-agarwood-essential-oil

CosmeticsDesign-Asia. (2012, November 27). The challenges of harvesting Agarwood, the world's most expensive essential oil. Retrieved from https://www.cosmeticsdesign-asia.com/Article/2012/11/27/The-challenges-of-harvesting-Agarwood-the-world-s-most-expensive-essential-oil

Meharchandani, D. (2023, October 17). How to grow and care for Agarwood tree? Retrieved from https://housing.com/news/agarwood-tree-wood-of-the-gods/

Agarwood Group. (n.d.). How Long does Agarwood Take to Mature? Retrieved from https://www.agarwoodgroup.com/long-does-agarwood-mature/

42 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page